Pages

Football Predictions

BannerFans.com BannerFans.com BannerFans.com BannerFans.com BannerFans.com

Tuesday, September 4, 2012

SEJARAH ICE CREAM



Makanan dingin,manis,nan pekat ini pasti sudah gak asing dengan mulut kalian kan? Ya itulah es krim. Mau tau lebih banyak ga tentang es krim….Lanjut yuuup…. slurp!


Sejarah ice cream

Menurut catatan sejarah,es krim itu katanya ditemukan oleh bangsa Cina sekitar tahun 700M, dan menjadi persembahan bagi Raja Tang dari Dinasti Shang. Es krim sang raja ini ternyata dinbuat dari segenggam salju yang dibekukan dengan tambahan susu dan sari buah plus lumuran madu. waktu itu namanya disebut xuebaite.

Namun yang kali pertama menjadikan es ini seperti es krim sekarang adalah salah satu Kaisar Cina. Kaisar Tang dimasa pemerintahan Dinasti Shang adalah raja yang memiliki citarasa tinggi terhadap makanan dan minuman. Masakan Cina dimasa itu betul-betul dibuat menjadi masakan kelas dunia. Para juru masak terbaik dari seluruh Cina dikumpulkan, mereka diberikan jenjang atau tingkat keahlian. Teknik memotong dan menggoreng jadi sebuah kebanggaan bagi para ahli juru masak Cina.

Ketika disajikan es yang diambil dari salju yang turun, Kaisar tidak segera menyantap begitu saja es yang tersedia. Dia meminta agar es dicampur dengan susu sapi, tepung dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Mulailah dikenal di kalangan istana es krim yaitu es yang berupa adonan beberapa bahan.

Terus, terbukanya hubungan dagang antara Cina dan Italia, membuka peluang bagi Marcopolo, si penjelajah lautan dari Italia membawa resep es krim ke negaranya. Bedanya, es krim dari negeri mafia itu dibuat dari sirop yang dibuat dengan campuran es. Nah, es krim ala Italia inilah yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru Eropa.

Di Amerika, es krim baru populer pada abad ke-19 seiring dengan penemuan mesin pembuat es krim khusus untuk memenuhi perminta an seantero rakyat Amerika yang tinggi terhadap es krim.




Fact About Ice cream :

Kalo belum tau komposisi es krim secara umum, es krim dibuat dari bahan penstabil (stabilizer) dan perekat (emulsifier). untuk penyajiannya, bisa dengan scope cone, cake, atau stick. di beberapa negara, es krim malah disajikan dengan minuman hangat, dibentuk menjadi butiran-butiran kecil yang disebut minimelts, hingga digoreng.

-mengandung 10%-16% lemak susu yang berfungsi memberi tekstur lembut pada es krim dan memberi citarasa khas pada es krim,

-mengandung 12%-16% pemanis (sweetner) yang memberikan rasa manis pada es krim dan membuatny jadi lebih kental

-mengandung 55%-65% cairan yang berasal dari susu dan bahan lainnya sebagai unsur utama pembuatan es krim.





Ice cream Di dunia

Ada beberapa ciri khas es krim di dunia sesuai negara asalnya:

- Italia
Di Italia, es krim yang populer adalah Gelatoo sole mio ini juga punya sorbetto dari Italia bagian selatan dengan ciri khas citarasa lemon dan orange.



- Prancis
Di Perancis, es krim yang populer adalah eskrim dengan kadar liqueur (semacam alkohol pada minuman wine/bir) tinggi.



- Amerika
Di Amerika lain lagi, karena masyarakatnya adalah penyuka makanan yang padat rasa dan porsi, maka eskrim dengan paduan cookies, karamel dan kacang-kacangan plus porsinya yang lebih besar (bisa seukuran double ampe triple scoop dari es krim lain) jadi eskrim favorit negeri pimpinan Obama ini.



- Turki
di Turki, es krim yang populer adalah dondurma, es krim yang terbuat dari susu kambing dengan paduan sachlav (akar dari sejenis anggrek liar Turki yang dihaluskan).



- India
di India, es krim yang populer dengan sebutan kulfi dibuat dari susu kerbau dengan tambahan perasa pistachio, mangga, kapulaga, dan saffron.



- Jepang
di Jepang, es krim dibuat dari teh hijau (maccha ice cream) dan kacang merah (ogura), ada juga es krim mochi yang memang dibuat dari adonan kue mochi.








- Asia tenggara (Indonesia, Malaysia)
di Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Malaysia kita mengenal es puter yang dibuat dari santan tanpa menggunakan krim. citarasa yang dipake juga khas Indonesia, seperti Kopyor, Advokad, dan kacang hijau. ada juga es potong dari negeri jiran dengan bahan dasar santan tapi dengan penyajian harus dipotong dulu, baru ditusuk ke stik atau diapit dengan roti (ice cream sand wich).



SUMBER : http://www.ngobrolaja.com/showthread.php?t=56736

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Masthead Banner Made with MyBannerMaker.com! Click here to make your own!
Create your own banner at MyBannerMaker.com!

About